October 31, 2008


Rossi: MotoGP Kini Membosankan
Dua tahun absen jadi juara, musim ini Valentino Rossi kembali menduduki singasana MotoGP. Tapi kenapa The Doctor malah menyebut kelas rajanya balap motor itu kini membosankan?

Konteks membosankan yang disebut Rossi bukan karena dia menjadi angkuh usai merebut gelar juara dunia MotoGP untuk kali kelima. MotoGP disebut Rossi membosankan lantaran banyaknya peralatan elektronik yang ditanam yang kemudian memudahkan pembalap memaksimalkan potensi tunggangan.

Kondisi seperti ini disebut Rossi tak ditemui saat MotoGP masih menggunakan mesin 990 cc dan rider belum banyak dibantu oleh peralatan elektronik. Saat itu pembalap harus benar-benar punya kemampuan tinggi untuk bisa jadi juara.

Banyaknya alat bantu elektronik tersebut juga menyebabkan makin jarangnya ditemui aksi kebut-kebutan yang mendebarkan antara dua atau lebih pembalap yang sebelumnya kerap ditemui. Yang kemudian terjadi adalah seperti GP Valencia akhir pekan lalu.

Menurut Italiano 29 tahun itu, cara menghindarkan rasa membosankan adalah dengan meniadakan traction control. Sayangnya Rossi sendiri tak yakin aturan tersebut bisa dihilangkan suatu saat nanti.

0 comments: