March 17, 2009


Weks...posting laporan lagi nie...Waaaaa...hari ini gw kecelakaan nie..gak gw duga hari ini jadi hari menyakitkan...wew...udah ah ceritanya,gak usah dilanjutin..karena bakal lama..
Langsung aja ya..kali ini gw bakal posting tentang gerbang kombinasional..apa sih itu??


Gerbang kombinasional itu pengkombinasian dari gerbang - gerbang dasar, sehingga didapatkan Lampu LED menyala sesuai keinginan kita. Nah, jadi gtuw pengertiannya..dah ngerti kan??
Praktek kali ini gw pake alat di bawah in yang gw sebutin:
1. IC 7408 (Logika And)
2. IC 7432 (Logika Or)
3. IC 7400 (Logika NAND)
4. IC 7404 (Logika NOT)
Nah, itu diatas alat yang bakal gw pake..sebetulnya masih ada lagi sie, cuma kayaknya dah gak usah gw sebutin (Kabel, Board digital, Rokok, MInum)..loh kok malah disebutin??

Langsung aje ye yang pertama gw mw kombinasiin gerbang logika OR ma AND..liat diagram dibawah ye..

Itu diatas gambar diagramnya..Oke coy..Skema Pengkabelannya gimana sie??Sabar..

Tuh dikasih sistem pengkabelannya..hasilnya??bentar yah..

Nah..dah selesai satu pengkombinasian gerbang beserta hasilnya..

Yang ke - 2, gw bakalan manfaatin IC 7408 same IC 7432..sebetulnya sama aje sie..tapi gw mau outputnye kayak tabel dibawah ini ni..

Begitu tu..setelah ngoprek - ngoprek, akhirnya ketemu juga diagram yang sesuai dengan tabel diatas..di bawah ye diagramnye..

Terus diagramnye mane??iye deh dikasih...

mau ingetin nie..liat kabelnye ati2 ye..soalnya pade numpuk semua kabelnye..Oke coy..

Sampe juga nie ke yang terakhir..kenapa coba yang ini terakhir??karena yang ini yang paling ribet..(dasar orang indonesia) tapi bangga..
Yang terakhir ini ni kita pake ke empat IC nye..makanye ribet..weks..kalo gak percaya liat ni skema pengkabelannya..

ribet kan??padahal kalo liat diagramnye kagak kayak gtuw..liat ye diagramnye di bawah ini..

setelah di coba - coba, gw dapet hasilnye..ini dy hasilnye..


Nah itu sedikit tentang gerbang kombinasional..nah, sekarang kasih comment ye..atau pendapat yang lainnye!!

0 comments: