July 3, 2010


Lanjut deh...sekarang mu berbagi tutorial nie ma temen temen semua gimana caranya install ulang GRUB 9.10 yang ilang pas install ulang JENDELA...
Balik dari nonbar Brazil vs Belanda langsung ane meluncur ke kost, kebetulan tempat nonbar nya deket ma kost ane jadi cepet sampe kost nya.. sebelum install GRUB ane beres beres dulu..ganti pakaian cuci kaki tangan dan muka..Udah selesai baru ane buka laptop dan menghidupkan komputer ane..
Buka tutorial dengan Laptop dan mulai melakukan install ulang GRUB...Ini diaa....
Pertama tama yang harus temen temen punya live cd atau ISO dari ubuntu 9.10..kalo belum punya mending cari pinjeman ja dulu..[hihihi]


masukkan cd ubuntu nye..terus pilih “Try Ubuntu without any change to your computer”
Kalo dah masuk ke Ubuntu live cd nya langsung ja kamu buka terminalnya..dan mengetikkan command seperti dibawah ini:

sudo fdisk -l

nah nantinya bakal muncul beginian di terminal kamu...


liat sistem ubuntu kamu ada di partisi yang mana...
kalo yang punya gw kebetulan sistem nya yang di SDA8 kalo yang SDA10 itu /home..kalo bingung kamu bisa browse ja partisinya..cari yang partisi di dalam ny sistem dari linux..gtuw..Lanjut..

karena punya gw sistem ada di SDA8 lanjut buat ke command di bawah ini...

sudo mount -t ext4 /dev/sda8 /mnt/

diinget juga pas kamu buat partisinya kamu pake file system extended berapa..kalo gw pake ext4..tapi biasanya dah ext4 semu sie..lanjut lagi ke command selanjutnya..

sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
sudo chroot /mnt/ /bin/bash
grub-install /dev/sda
grub-install /dev/sda8

jangan lupa partisinya kamu di sda berapa...kalo sama ya lanjut aja...

update-grub

tunggu proses beberapa saat dan restart..lihat penampakan nya..pasti ada tu yang namanya GRUB pas booting...Asikkkkk....

1 comments:

Anonymous said...

cm mu jd pengunjung blogna ajah,,hahaaaa